KEEFEKTIFAN METODE RASA BOXES DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PROSES PENCIPTAAN KARYA TARI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Wartawati, Laila Putri (2015) KEEFEKTIFAN METODE RASA BOXES DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PROSES PENCIPTAAN KARYA TARI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laila Putri Wartawati 10209241020.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kreativitas siswa dengan menggunakan metode Rasa Boxes dan kreativitas siswa dengan menggunakan metode Group Investigation, serta menguji atau mengetahui keefektifan penggunaan metode Rasa Boxes dalam proses penciptaan karya tari siswa di SMA Negeri 1 Kalasan Sleman.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode eksperimental sungguhan. Variabel terikatdalam penelitian ini adalah kreativitas siswa dan variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode Rasa Boxes. Metode Rasa Boxes ini dijadikan sebagai perlakuan untuk kelompok eksperimen, sementara pada kelompok kontrol menggunakan metode Group Investigation. Hasil penelitian menunjukan berbagai bentuk. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kreativitas siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode Rasa Boxes dan yang diberi pembelajaran tanpa metode Rasa Boxes, yang dalam hal ini adalah pembelajaran dengan metode Group Investigation. Dari perhitungan diperoleh th sebesar 4,694 dengan db 38 dan nilai p sebesar 0,000. Dengan demikian, hipotesis alternatif pertama diterima. Kedua, dari hasil perhitungan skor pretest dan posttest kelompok kontrol diperoleh th sebesar 10,485 dengan db 19 dan p sebesar 0,000, sedangkan pada kelompok eksperimen th sebesar 18,856 dengan db 19 dan p 0,000. Kelompok kontrol pada pretest memiliki rerata skor sebesar 20,25 dan pada saat posttest sebesar 23,85 sehingga gain score yang diperoleh sebesar 3,60 (23,85-20,25). Sedangkan kelompok eksperimen memiliki rerata skor saat pretest sebesar 21,15 dan posttest sebesar 27,40 sehinggga gain score yang didapat sebesar 6,25 (27,40-21,15). Hal itu menunjukkan bahwa metode Rasa Boxes yang dilakukan pada kelas eksperimen efektif digunakan dalam pembelajaran proses penciptaan karya tari siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kalasan, Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, karya tari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 14 Apr 2015 01:38
Last Modified: 29 Jan 2019 20:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16269

Actions (login required)

View Item View Item