HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, POWER OTOT TUNGKAI, DAN KELENTUKAN DENGAN KETEPATAN JUMPING SMASH SEKOLAH BULUTANGKIS SURYA MATARAM SLEMAN

Nurcahya, Bondan Nurcahya (2013) HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, POWER OTOT TUNGKAI, DAN KELENTUKAN DENGAN KETEPATAN JUMPING SMASH SEKOLAH BULUTANGKIS SURYA MATARAM SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BONDAN.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di lapangan, ditemukan banyak siswa Sekolah Bulutangkis Surya Mataram umur 14-18 tahun yang memiliki perbedaan ketepatan jumping smash. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan, power otot tungkai dan kelentukan dengan ketepatan jumping smash bulutangkis. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan tiga varabel bebas, yaitu: kekuatan otot lengan (X1) power otot tungkai (X2), kelentukan (X3) dan satu variable terikat, yaitu: ketepatan jumping smash (Y). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Bulutangkis Surya Mataram yang berumur 14- 18 tahun yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes dan pengukuran, yaitu tes kekuatan otot lengan, tes power otot tungkai, tes kelentukan, dan tes ketepatan jumping smash. Uji prasarat dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan uji hipotesis terdiri dari korelasi product moment dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada siswa Sekolah Bulutangkis Surya Mataram yang berumur 14-18 tahun: (1) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan ketepatan jumping smash yang dibuktikan dengan nilai r product moment (0.475)>r tabel (0.433). (2) Ada hubungan yang signifikan antara power otot tungkai dengan ketepatan jumping smash yang dibuktikan dengan nilai r product moment (0.520)>r tabel (0.433). (3) Ada hubungan yang signifikan antara kelentukan dengan ketepatan jumping smash yang dibuktikan dengan nilai dengan nilai r product moment (0.485)>r tabel (0.433). (4) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan, power otot tungkai dan kelentukan dengan ketepatan jumping smash yang dibuktikan dengan nilai F hitung (4.444)> F tabel (3.20).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 14 Apr 2015 01:29
Last Modified: 29 Jan 2019 20:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16268

Actions (login required)

View Item View Item