PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN HIGH PROFILE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2009-2011

Priyanka Felyna, Felyn (2013) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN HIGH PROFILE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2009-2011. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
FELYNA PRIYANKA_09412141007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN HIGH PROFILE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2009-2011 Oleh Felyna Priyanka 09412141007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR) terhadap return on equity (ROE), (2) pengaruh pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR) terhadap return on asset (ROA), (3) pengaruh pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR) terhadap earning per share (EPS) dan (4) pengaruh pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR) terhadap net profit margin (NPM) pada perusahaan high profile yang terdaftar di BEI periode 2009-2011. Penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif dengan tipe ex post facto yang dilakukan pada perusahaan berkategori high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2011. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi laporan keuangan dan laporan keberlanjutan yang dikeluarkan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan berkategori high profile yang terdaftar di BEI periode 2009-2011. Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR) tidak memiliki pengaruh positif signifikan terhadap ROE perusahaan high profile yang terdaftar di BEI periode 2009-2011 dengan nilai t hitung 0,148 pada tingkat signifikansi 0,863, (2) pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR) tidak memiliki pengaruh positif signifikan terhadap ROA perusahaan high profile yang terdaftar di BEI periode 2009-2011 dengan nilai t hitung 0,648 pada tingkat signifikansi 0,519, (3) pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap EPS perusahaan high profile yang terdaftar di BEI periode 2009-2011 dengan nilai t hitung 44,318 pada tingkat signifikansi 0,000, (4) pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR) tidak memiliki pengaruh positif signifikan terhadap NPM perusahaan high profile yang terdaftar di BEI periode 2009-2011 dengan nilai t hitung 1,163 pada tingkat signifikansi 0,248. Kata Kunci : CSR, Profitabilitas, Perusahaan High Profile.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16259

Actions (login required)

View Item View Item