PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN SHUTTLE RUN DAN LARI ZIG- ZAG TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 2 BANTUL

Irawan Utama, Guspa Edi Irawan Utama (2013) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN SHUTTLE RUN DAN LARI ZIG- ZAG TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Guspa Edi Irawan Utama_08601241079.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan fakta empiris dari studi awal oleh peneliti pada siswa peserta ekstrakurikuler di SMP N 2 Bantul, kemampuan dribbling peserta ekstrakurikuler belum terlalu baik. Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan keterampilan kelincahan menggiring dalam permainan sepak bola pada peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 2 Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan shuttle run dan lari zig-zag terhadap kemampuan menggiring dalam permainan sepakbola peserta ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Bantul. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan dua kelompok yang memperoleh perlakuan berbeda. Metode yang digunakan untuk pengambilan data adalah teknik tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta kegiatan ekstrakurikuler sepakbola siswa SMP Negeri 2 Bantul sebanyak 20 pemain. Data pada penelitian ini diambil dengan instrumen tes keterampilan dribbling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Uji-t dengan taraf signifikansi 0,05, melalui uji prasyarat normalitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada peningkatan kemampuan keterampilan dribbling setelah peserta ekstrakurikuler sepakbola mengikuti program latihan zig-zag dengan t hitung 12,950 > t tabel (0.05) (9) 2,26, (2) ada peningkatan kemampuan keterampilan dribbling setelah peserta ekstrakurikuler sepakbola mengikuti program latihan shuttle run dengan t hitung 14,736 > t tabel (0,05) (9) 2,26 , (3) latihan zig-zag terdapat perbedaan yang signifikan terhadap shuttle run dalam meningkatkan kemampuan keterampilan dribbling dengan thitung 2,988 > t tabel (0.05) (9) 2,26. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan zig- zag lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan dribbling pada peserta ekstrakurikuler sepak bola SMP Negeri 2 Bantul dari pada latihan shuttle run.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 14 Apr 2015 01:03
Last Modified: 29 Jan 2019 20:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16248

Actions (login required)

View Item View Item