PENGARUH LIKUIDITAS, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERDAGANGAN RITEL DI BEI PERIODE TAHUN 2009 – 2011)

Kurniawan Galih Dwi, Dwi (2013) PENGARUH LIKUIDITAS, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERDAGANGAN RITEL DI BEI PERIODE TAHUN 2009 – 2011). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_full_text (bookmarked).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH LIKUIDITAS, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERDAGANGAN RITEL DI BEI PERIODE TAHUN 2009 – 2011) Oleh : GALIH DWI KURNIAWAN 08412141033 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Likuiditas terhadap Struktur Modal (2) mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal (3) mengetahui pengaruh Pertumbuhan Penjualan terhadap Stuktur Modal (4) mengetahui pengaruh Profitabilitas terhadap Struktur Modal (5) mengetahui pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas secara bersama-sama terhadap Struktur Modal. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan sektor perdagangan ritel di BEI tahun periode 2009-2011. Sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Jumlah sampel tersebut adalah sebanyak 21 perusahaan. Data yang digunakan berupa data sekunder yang didapatkan dari Annual Report dan Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Pengujian asumsi klasik yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisadata yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal, Hal ini dibuktikan oleh nilai koefisien regresi (b) sebesar -0,052, koefisien korelasi parsial (r) = -0,278, dan signifikansi t = 0,005 (2) Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Modal, hal ini dibuktikan oleh koefisien korelasi parsial (r) = 0,272, koefisien regresi (b) sebesar 5,576, dan signifikansi t = 0,007 (3) Pertumbuhan Penjualan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Struktur Modal, hal ini dibuktikan oleh koefisien regresi (b) sebesar 0,013 dan signifikansi t = 0,910 (4) Profitabilitas tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Struktur Modal, hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi (b) sebesar -0,290 dan signifikansi t = 0,406 (5) Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Strukur Modal, hal ini dibuktikan oleh koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,434, dan signifikansi F = 0,015. Kata Kunci: Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16247

Actions (login required)

View Item View Item