PENGARUH LATIHAN IMAGERY TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN LAY UP SHOOT PERMAINAN BOLA BASKET SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULERBOLABASKETSMA N 1 BANTUL

Sukamto, Sukamto (2013) PENGARUH LATIHAN IMAGERY TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN LAY UP SHOOT PERMAINAN BOLA BASKET SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULERBOLABASKETSMA N 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Sukamto_NIM.09601244051.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keterampilan lay up shoot merupakan suatu keterampilan yang sulit untuk dipelajari bagi pemain basket pemula, karena memiliki rangkaian gerakan yang kompleks. Latihan imagery merupakan salah satu bentuk latihan yang telah banyak digunakan oleh para peneliti dibidang psikologi olahraga dalam meningkatkan kinerja seorang atlet dalam proses mempelajari teknik yang sulit ataupun meningkatkan kualitas penampilan, dengan melihat literatur-literatur dan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa latihan imagery dapat menjadi salah satu solusi untuk mempelajari dan meningkatkan keterampilan lay up shoot bagi pemain basket pemula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan imagery terhadap peningkatan keterampilan lay up shoot permainan bola basket siswa peserta ekstrakurikuler bola basket SMA N 1 Bantul. Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan (treatment) pada kelompok eksperimen, dengan membagi menjadi dua kelompok dengan ordinal pairing, yaitu kelompok eksperimen A dengan perlakuan latihan imagery dan kelompok eksperimen B sebagai kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler bola basket SMA N 1 Bantulyang berjumlah 34 siswa. Sampel yang diambil dengan purposive sampling berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes lay up shoot dari Imam Sodikun dengan validitas tes 0,509 dan reliabilitas tes 0,675. Analisis data menggunakan uji prasyarat, dan uji t. Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh yang signifikan hasil dari latihan imagery pada kelompok eksperimen, dengan t hitung= 4,389> t tabel = 2,101 dan nilai signifikansi p sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa latihan imagery berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilanlay up shoot bola basket siswa peserta ekstrakurikuler bola basket SMA N 1 Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 14 Apr 2015 01:00
Last Modified: 29 Jan 2019 20:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16246

Actions (login required)

View Item View Item