ANALISIS TEKNIKAL PERGERAKAN HARGA SAHAM INDIVIDUAL PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR PADA LQ 45 DENGAN MENGGUNAKAN INDIKATOR CANDLESTICK, PENDEKATAN RASIO FIBONACCI, DAN ANALISIS FUZZY LOGIC

Putra Muhammad Wahyu Kusuma, Wahyu (2013) ANALISIS TEKNIKAL PERGERAKAN HARGA SAHAM INDIVIDUAL PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR PADA LQ 45 DENGAN MENGGUNAKAN INDIKATOR CANDLESTICK, PENDEKATAN RASIO FIBONACCI, DAN ANALISIS FUZZY LOGIC. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD WAHYU NIM. 09412141001.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ANALISIS TEKNIKAL PERGERAKAN HARGA SAHAM INDIVIDUAL PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR PADA LQ 45 DENGAN MENGGUNAKAN INDIKATOR CANDLESTICK, PENDEKATAN RASIO FIBONACCI, DAN ANALISIS FUZZY LOGIC Oleh : Muhammad Wahyu Kusuma Putra NIM. 09412141001 ABSTRAK Penelitian ini merupakan studi kasus terhadap pergerakan harga sepuluh saham individual perusahan pertambangan yang terdaftar pada Indeks LQ45 periode tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rekomendasi keputusan investasi berdasarkan analisis teknikal pada subjek penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data skunder. Populasi dalam penelitian ini adalah pergerakan harga saham secara individual perusahaan pertambangan yang terdaftar dalam Indeks LQ45 2012. Subjek penelitian terdapat sepuluh perusahaan pertambangan yang terdaftar pada Indeks LQ45. Analisis subjek penelitian menggunakan analisis penggabungan pendekatan dengan indikator candlestick, deret fibonacci dan analisis fuzzy logic dengan sistem fuzzy. Analisis data menggunakan bantuan perangkat lunak ChartNexus versi 3.3.8. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa analisis teknikal pergerakan harga saham dengan menggunakan pendekatan candlestick, rasio fibonacci dan analisis fuzzy logic dapat digunakan dengan baik. Hasil analisis teknikal pada pergerakan saham menunjukan bahwa selama periode tahun 2012 pergerakan saham mengalami trend menurun. Trend menurun merupakan sinyal yang baik bagi calon investor yang ingin membeli saham dari sektor pertambangan. Saham- saham yang mengalami trend menurun menunjukan ada dua saham yang direkomendasikan lebih daripada kedelapan saham yang lain. Saham yang direkomendasikan untuk dibeli adalah saham Bumi Resources Tbk. dan Energi Mega Persada Tbk. Pergerakan harga kedua saham tengah berada pada level support 100% dan level resistance 78,6%. Kedua saham yang direkomendasikan untuk dibeli pada kisaran harga hingga Rp 986,20 untuk Bumi Resources Tbk. dan Rp 101,80 untuk Energi Mega Persada Tbk. Rekomendasi atas kedua saham berdasarkan analisis rasio fibonacci pada level support dan resistance serta analisis fuzzy logic untuk rekomendasi harga beli. Hasil analisis data tidak bersifat mutlak. Sistem fuzzy sebagai proses akhir olahan data perlu penyesuaian yang berkelanjutan. Penyesuaian dilakukan berdasarkan empat hal. Penyesuaian pertama teknik trading yang dilakukan investor. Penyesuaian kedua perubahan titik swing high dan swing low. Penyesuaian ketiga rentang waktu populasi. Penyesuaian keempat pembaruan data. Kata kunci: analisis teknikal, pergerakan harga saham, perusahaan tambang, dan rekomendasi keputusan investasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16243

Actions (login required)

View Item View Item