Nofitasari Bety, Bety (2013) AUDIT MANAJEMEN ATAS FUNGSI PEMASARAN (Studi Kasus Pada Wisata Agro Gondang Winangoen Klaten). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
Bety Nofitasari (09412141011).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
AUDIT MANAJEMEN ATAS FUNGSI PEMASARAN (Studi Kasus Pada Wisata Agro Gondang Winangoen Klaten) Oleh : BETY NOFITASARI 09412141011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penilaian Wisata Agro Gondang Winangoen Klaten terhadap lingkungan pemasarannya, (2) strategi pemasaran, (3) kinerja organisasi pemasaran, (4) sistem pemasaran, (5) produktivitas pemasaran, (6) kebijakan fungsi pemasaran, (7) tingkat efektivitas dan efisiensi atas kinerja fungsi pemasaran pada Wisata Agro Gondang Winangoen pada tahun 2011-2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah Wisata Agro Gondang Winangoen Klaten pada bagian fungsi pemasaran, sedangkan obyek penelitian ini adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan manajemen pemasaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur keberhasilan aktivitas pemasaran dengan menggunakan elemen-elemen : criteria, causes, effect serta penilaian terhadap rencana dan realisasi pendapatan serta biaya pemasaran yang disertai dengan rasio profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penilaian terhadap lingkungan pemasaran Wisata Agro Gondang Winangoen telah berjalan efektif, (2) strategi pemasaran telah berjalan efektif karena perusahaan telah membuat marketing plan sebagai acuan dalam kegiatan pemasarannya, (3) terjadinya tumpang tindih pekerjaan, sehingga kinerja organisasi pemasaran belum efektif, (4) sistem pemasaran telah berjalan efektif, dengan adanya ketersediaan informasi dalam pengambilan keputusan pemasaran, (5) produktivitas pemasaran telah berjalan efektif karena realisasi pendapatan sudah melebihi rencana pendapatan, meskipun dari tahun 2011-2012 mengalami penurunan, (6) kebijakan fungsi untuk kebijakan penetapan harga sudah efektif dengan memperhatikan pengeluaran pembiayaan perusahaan, sedangkan untuk kebijakan promosi belum efektif karena tidak adanya promosi/pengembangan akibat tidak ada dukungan finansial promosi dari perusahaan, (7) Pencapaian efektivitas fungsi pemasaran secara keseluruhan belum maksimal, meskipun target pendapatan yang diharapkan sudah terpenuhi, akan tetapi pendapatan tahun 2011-2012 mengalami penurunan. Dilihat dari segi pencapaian efisiensi telah tercapai karena rasio biaya pemasaran lebih rendah daripada pendapatan, meskipun terjadi penurunan jumlah biaya promosi diikuti dengan turunnya jumlah pendapatan dari tahun 2011-2012. Margin laba kotor dan laba usaha dari tahun 2011-2012 juga mengalami penurunan. Kata Kunci: Audit Manajemen, Pemasaran, Efektivitas dan Efisiensi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 17 Apr 2015 00:33 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16228 |
Actions (login required)
View Item |