IMPLEMENTASI PERMAINAN MELEMPAR BOLA SALJU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI-3 AKUNTANSI SMK N 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Ambarwati Tri Jayanti Rukmana, Rukma (2013) IMPLEMENTASI PERMAINAN MELEMPAR BOLA SALJU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI-3 AKUNTANSI SMK N 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
undergraduete tesis.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI PERMAINAN MELEMPAR BOLA SALJU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI-3 AKUNTANSI SMK N 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Tri Jayanti Rukmana Ambarwati 09418244002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Yogyakarta dengan menerapkan teknik permainan melempar bola salju dalam pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Yogyakarta yang berjumlah 36 siswa. Tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Tolok ukur keberhasilan dalam penelitian ini adalah siswa melakukan aktifitas positif saat pelajaran berlangsung dengan total nilai keaktifan siswa mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keaktifan belajar siswa dapat meningkat dengan menerapkan teknik permainan melempar bola salju dalam pembelajaran. Di antara 10 indikator yang mencerminkan keaktifan belajar akuntansi, hingga berakhirnya siklus 2 yang sudah mencapai indikator ketercapaian tindakan (dari keseluruhan siswa melakukan aktivitas tersebut) yaitu membaca materi akuntansi, mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum dipahami, mendengarkan penjelasan guru dan dari diskusi kelompok, mencatat materi akuntansi, mengerjakan tugas dan latihan, bersemangat untuk bekerjasama dalam kelompok, mengekspresikan pendapat dalam diskusi, menjawab pertanyaan dan menanggapi pendapat orang lain, memberikan pendapat terkait dengan referensi akuntansi, memberikan partisipasi selama proses pembelajaran dengan teknik permainan melempar bola salju. Hal itu berarti sudah memenuhi indikator ketercapaian tindakan yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu keseluruhan siswa melakukan aktivitas positif saat pelajaran berlangsung dengan total nilai keaktifan siswa mencapai 75%. Kata kunci: keaktifan belajar, teknik permainan melempar bola salju, siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16220

Actions (login required)

View Item View Item