IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS 2 MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2012/2013

Mujahidah Khoiriyatul, Khoiri (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS 2 MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Uul_2013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS 2 MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh Khoiriyatul Mujahidah 09403241029 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akuntansi kelas XI IPS 2 MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2012/2013 melalui pengimplementasian Model Pembelajaran Kooperatif Metode TGT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas XI IPS 2 MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 34 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi dengan berpedoman pada lembar observasi keaktifan siswa dan catatan lapangan. Data yang diperoleh dari lembar observasi keaktifan siswa dianalisis dengan menghitung persentase dari keseluruhan aspek yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS 2 pada pembelajaran akuntansi setelah diimplementasikan model pembelajaran kooperatif metode Teams Game Tournament (TGT). Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan terdapat peningkatan sebesar 15,2% dari jumlah siswa bertanya pada siklus I 71,9% meningkat menjadi 87,1%, sedangkan untuk peningkatan skor keaktifan siswa mencapai 16,5% yaitu dari 60,9% menjadi 77,4%. Keaktifan siswa untuk memberi jawaban, saran, pendapat, atau komentar terdapat peningkatan sebesar 18,4% dari 65,6% pada siklus I menjadi 83,9% pada siklus II, sedangkan skor keaktifan siswa terdapat peningkatan sebesar 16,4% dari 59,4% menjadi 75,8%. Dalam melakukan diskusi kelompok jumlah siswa yang aktif pada siklus I sebesar 84,3% menjadi 100% pada siklus II sehingga terdapat peningkatan sebesar 15,7% dan untuk skor keaktifan siswa terdapat peningkatan sebesar 15,3% dari 71,8% pada siklus I menjadi 87,1% pada siklus II. Dalam mengerjakan tugas yang diberikan untuk jumlah siswa tidak terdapat peningkatan karena dari siklus I sudah mencapai angka maksimal sebesar 100%, sedangkan untuk skor keaktifan terdapat peningkatan sebesar 15,3% dari 75% pada siklus I menjadi 90,3% pada siklus II. Untuk keaktifan siswa menjawab pertanyaan dalam game turnamen tidak ada peningkatan jumlah siswa aktif karena pada siklus I sudah mencapai angka maksimal yaitu 100% dan untuk skor keaktifan siswa terdapat peningkatan sebesar 7,1% dari 68,7% pada siklus I menjadi 75,8% pada siklus II. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Metode TGT

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16207

Actions (login required)

View Item View Item