PENINGKATAN KESADARAN ANTI-BULLYING MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN

Lusi Andriyani, Lusi (2015) PENINGKATAN KESADARAN ANTI-BULLYING MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI LUSI ANDRIYANI (08104244023).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anti-bullying pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Muntilan melalui teknik sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMA Muhammmadiyah 1 Muntilan yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus secara kolaborasi antara peneliti dan guru BK yang dimulai pada tanggal 16 Oktober 2012 sampai dengan 7 November 2012. Pelaksanaan teknik sosiodrama dilakukan dalam 2 siklus dimana pada siklus I meliputi 3 tindakan dalam 3 pertemuan dan siklus II meliputi 2 tindakan dalam 2 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis, observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala kesadaran anti-bullying, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskirptif. Uji validitas menggunakan Product Moment person diperoleh nilai validitas 0,367 sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,911. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: pemutaran video bullying, diskusi dan sosiodrama. Sosiodrama yang dilaksanakan pada siklus I menggunakan naskah drama, sedangkan pada siklus II tanpa menggunakan naskah drama. Pada siklus I aspek kesadaran anti-bullying yang muncul pada aspek penginderaan, sedangkan pada siklus II aspek perasaan, tindakan dan pikiran. Peningkatan kesadaran anti-bullying dibuktikan dengan perolehan hasil post-test sebesar 55,22%, siklus I sebesar 74,47%, dan siklus II sebesar 80,34% yang berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran anti-bullying dapat ditingkatkan melalui teknik sosiodrama. Kata kunci: kesadaran anti-bullying, sosiodrama

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16206

Actions (login required)

View Item View Item