PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL

Sartikaningrum Ria, Ria (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPEL Oleh: Ria Sartikaningrum 09403241030 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran permainan Monopoli Akuntansi pada mata pelajaran Menyusun Laporan Keuangan untuk siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran permainan Monopoli Akuntansi pada mata pelajaran Menyusun Laporan Keuangan, 3) mengetahui peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam pembelajaran setelah menggunakan media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMK Negeri 1 Tempel pada bulan Maret 2013. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert . Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran permaian monopoli akuntansi yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kelayakan aspek rekayasa media menurut penilaian ahli media memperoleh rerata skor sebesar 34,00 dengan kategori “Baik”, uji coba perorangan sebesar 16,40 dengan kategori “Sangat Baik”, uji coba kelompok kecil sebesar 16,60 dengan kategori “Sangat Baik”, dan uji coba lapangan sebesar 17,80 dengan kategori “Sangat Baik”. Kelayakan aspek komunikasi visual menurut penilaian ahli media memperoleh rerata skor sebesar 54,00 dengan kategori “Baik”, uji coba perorangan sebesar 42,60 dengan kategori “Sangat Baik”, uji coba kelompok kecil sebesar 44,19 dengan kategori “Sangat Baik”, dan uji coba lapangan sebesar 44,78 dengan kategori “Sangat Baik”. Kelayakan aspek pembelajaran menurut penilaian ahli materi memperoleh rerata skor sebesar 82,00 dengan kategori “Sangat Baik”, uji coba perorangan sebesar 26,80 dengan kategori “Sangat Baik, uji coba kelompok kecil sebesar 26,20 dengan kategori “Sangat Baik”, dan uji coba lapangan sebesar 26,67 dengan kategori “Sangat Baik”. Selain itu, media pembelajaran terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari sebelum pembelajaran memperoleh rerata skor sebesar 3,22 yang masuk kategori “Cukup” dan meningkat menjadi sebesar 4,44 yang masuk kategori “Sangat Tinggi”. Kata kunci: Media Pembelajaran Permainan Monopoli Akuntansi, Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16205

Actions (login required)

View Item View Item