SIKAP ORANGTUA TERHADAP ANAKNYA YANG MENYANDANG RETARDASI MENTAL

Wahyu Prajawati, Wahyu (2015) SIKAP ORANGTUA TERHADAP ANAKNYA YANG MENYANDANG RETARDASI MENTAL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Wahyu Prajawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran obyektif dan komprehensif mengenai sikap orang tua terhadap anaknya yang menyandang retardasi mental. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini ada 3 pasangan orang tua yang memiliki anak dengan retardasi mental. Setting yang dipilih dalam penelitian ini adalah di SLB Negeri 1 Bantul kategori C. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan metode triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, display data, lalu data tersebut diverifikasi sebagai hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sikap kognisi, Subjek IM dan NN yang mengetahui retardasi mental berusaha membawa anaknya untuk terapi demi kesembuhan anak mereka, subjek US dan SUK berusaha membawa anaknya ke Dokter, mencari tau keadaan anaknya kepada Dokter. Subjek RON dan JM hanya sekali memeriksakan anaknya ke Dokter, selanjutnya tidak pernah membawa anaknya ke Dokter karena ketidak tahuan subjek tentang penanganan retardasi mental. Selain itu tidak adanya biaya. Penyebab yang terjadi mulai dari subjek US dan SUK memiliki anak retardasi mental karena faktor keluarga (menikah dengan saudara). Subjek IM dan NN memiliki anak retardasi mental karena terlambatnya penanganan yang diberikan sesaat setelah bayi lahir, ibu yang melahirkan di usia 43 tahun, stress saat mengandung karena diteror istri suaminya. Subjek Ron dan JM memiliki anak retardasi mental karena faktor kurangnya nutrisi yang diperlukan saat subjek RON hamil. (2) sikap afeksi orangtua saat mengetahui keadaan anaknya beragam subjek US sedih, kecewa. Subjek SUK kecewa, marah. Subjek IM sedih, takut. Subjek NN sedih, pasrah. Subjek RON sedih, menyesal. Subjek JM sedih, kecewa, marah. (3)sikap konasi, Faktor pendukung penerimaan orangtua antara lain pendidikan orangtua, dukungan dari keluarga, keharmonisan keluarga. Pemberian kasih sayang yang diberikan subjek beragam, subjek RON memberikan kasih sayang sesuai dengan keadaan anaknya. Subjek IM memperhatikan segala kebutuhan anaknya. Subjek JM dan NN memberikan kasih sayang yang sesuai kepada anaknya, sedangkan subjek US lebih menyayangi anaknya yang menyandang retardasi mental. SUK hanya menyayangi anaknya yang normal. Kata kunci : pengetahuan, perasaan, tingkah laku

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16204

Actions (login required)

View Item View Item