KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN MENANGANI SURAT ATAU DOKUMEN KANTOR KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013

Khasanah Krismawatun, Krisma (2013) KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN MENANGANI SURAT ATAU DOKUMEN KANTOR KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN MENANGANI SURAT ATAU DOKUMEN KANTOR KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Krismawatun Khasanah NIM 09402241030 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diberi perlakuan metode role playing dan yang tidak diberi perlakuan metode role playing. (2) Keefektifan penerapan metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi sebanyak 82 peserta didik. Sampel kelompok eksperimen sebanyak 41 peserta didik dan sampel kelompok kontrol sebanyak 41 peserta didik dipilih berdasarkan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis. Ho ditolak, Ha diterima apabila nilai p ≤ 0,05 yang berarti ada perbedaan dan Ho diterima, Ha ditolak apabila nilai p > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji hipotesis pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel yakni 4,957 > 1,990 dan nilai p < 0,05 yakni 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang diberi perlakuan metode role playing dan yang tidak diberi perlakuan metode role playing. (2) Peningkatan skor kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol yakni 12,09 > 5,26. Rerata posttest kelompok eksperimen juga lebih tinggi daripada kelompok kontrol yakni 75,02 > 67,80 artinya rerata 75,02 termasuk dalam kriteria baik dan rerata 67,80 termasuk dalam kriteria sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Keefektifan Role Playing, Menangani Surat/Dokumen Kantor, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16202

Actions (login required)

View Item View Item