KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DAN LULUS UJI KOMPETENSI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Susanti Erna, Susan (2013) KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DAN LULUS UJI KOMPETENSI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DAN LULUS UJI KOMPETENSI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA Oleh: Erna Susanti NIM. 09402244034 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kinerja guru bersertifikasi dan lulus uji kompetensi, 2) hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran dan 3) upaya untuk mengatasi hambatan mengoptimalkan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari Pengawas, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, guru bersertifikasi dan lulus uji kompetensi serta siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru bersertifikasi dan lulus uji kompetensi menguasai kompetensi profesional yang meliputi penguasaan materi , struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu dan mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Guru menguasai kompetensi pedagogik yang meliputi penguasaan karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendidik, melakukan komunikasi dengan peserta didik dan melalukan penilaian atau evaluasi. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru secara fungsional sudah baik, tatapi secara teknis terletak pada rendahnya motivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, disamping itu manajemen sarana prasarana pembelajaran belum maksimal. 3) Adapun upaya untuk mengatasi hambatan ini adalah:a) dengan mengoptimalkan menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran secara bervariasi serta memberikan penguatan atau apresiasi kepada siswa yang bertanya maupun yang telah menjawab pertanyaan, b) Berusaha mencari solusi lain agar proses pembelajaran tetap berjalan lancar sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat sehingga tidak merugikan peserta didik. Kata Kunci: Kinerja Guru, Sertifikasi Guru, UjiKompetensi Guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16199

Actions (login required)

View Item View Item