PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMATANGAN KARIR MAHASISWA PROGRAM STUDI KIMIA UNY TAHUN ANGKATAN 2009

Muhammad Argenty Al-Arifin, Muhammad (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMATANGAN KARIR MAHASISWA PROGRAM STUDI KIMIA UNY TAHUN ANGKATAN 2009. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi.word.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap kematangan karir; (2) pengaruh efikasi diri terhadap kematangan karir; (3) pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri terhadap kematangan karir pada mahasiswa Program Studi Kimia UNY Angkatan Tahun 2009. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Kimia UNY Angkatan Tahun 2009 sebanyak 231 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 147 mahasiswa dihitung menggunakan teknik Slovin. Teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan skala Motivasi Belajar, skala Efikasi Diri dan skala Kematangan Karir. Hasil uji validitas pada skala motivasi belajar berada pada kisaran r hitung tertinggi yaitu 0,711 dan r hitung terendah yaitu 0,433. Hasil uji validitas pada skala efikasi diri berada pada kisaran r hitung tertinggi yaitu 0,72 dan r hitung terendah yaitu 0,383. Serta hasil uji validitas pada skala kematangan karir berada pada kisaran r hitung tertinggi yaitu 0,61 dan r hitung terendah yaitu 0,379. Hasil uji reliabilitas alpha (α) pada skala motivasi belajar diperoleh nilai koefisien alpha (α) sebesar 0,895 dan nilai koefisien alpha (α) pada skala efikasi diri sebesar 0,826 serta nilai koefisien alpha (α) pada skala kematangan karir sebesar 0,886. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Hasil pengujian hipotesis mayor penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan motivasi belajar dan efikasi diri terhadap kematangan karir pada mahasiswa Program Studi Kimia UNY Angkatan Tahun 2009, dengan harga garis regresi sebesar 24,081 dan p = 0,000. Hasil analisis minor 1 diperoleh harga koefisien regresi 0,408 dan p = 0,000 yang berarti terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan motivasi belajar terhadap kematangan karir pada mahasiswa program studi kimia UNY angkatan 2009. Hasil analisis minor 2 diperoleh harga koefisien regresi 0,792 dan p = 0,000 yang berarti terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan efikasi terhadap kematangan karir pada mahasiswa Program Studi Kimia UNY Angkatan Tahun 2009. Kata kunci : motivasi belajar, efikasi diri, kematangan karir.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16198

Actions (login required)

View Item View Item