PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI BENTUK PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PERUSAHAAN PADA PT PERTAMINA (PERSERO) REFINERY UNIT IV CILACAP

Putra Dendy Jaya, Dendy (2013) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI BENTUK PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PERUSAHAAN PADA PT PERTAMINA (PERSERO) REFINERY UNIT IV CILACAP. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI BENTUK PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PERUSAHAAN PADA PT PERTAMINA (PERSERO) REFINERY UNIT IV CILACAP Oleh: DENDY JAYA PUTRA 09412144017 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di Kantor pusat PT Pertamina Refinery Unit IV Cilacap untuk memperoleh gambaran perusahaan mengenai program CSR, serta terjun langsung pada masyarakat sebagai penerima manfaat program CSR Pertamina tahun 2012 di Baturaden, Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Persepsi masyarakat sekitar atas partisipasi/peranan terhadap perancangan dan perencanaan program Corporate Social Responsibility pada PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap, (2) Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelakasanaan program CSR yang telah dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, angket dan studi pustaka . Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan angket, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literatur yang berhubungan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis Importance Performance Analysis dengan alat pengolah data SPSS versi 20.0 dan Microsoft Excell yang mengacu pada metode deskriptif. Tingkat partisipasi dalam program CSR yang diselenggarakan oleh PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap periode tahun 2012 berada pada kategori aktif dan tingkat kepuasaan masyarakat terhadap program CSR nya berada pada kategori puas. Tingkat partisipasi masyarakat pada tahap proses pengambilan keputusan tentang rencana kegiatan partisipasi, tahap pelaksanaan kegiatan partisipasi, tahap menikmati hasil berada pada kategori aktif, sedangkan pada tahap evaluasi berada pada kategori cukup aktif. Disini terdapat 7 faktor atas program CSR yang dinilai kinerjanya sudah baik, yaitu : pelaksanaan program CSR (sistematika program CSR); penggunaan metode/alat bantu pada program CSR; daya simpati dan sikap; bahasa penyampaian program CSR (Penyampaian program CSR); pencapaian tujuan dan harapan; kesempatan berpendapat; dan faktor kepuasan masyarakat. Adapun 7 faktor yang dinilai kinerjanya harus diperbaiki, yaitu penguasaan materi program CSR; ketepatan waktu penerimaan program CSR; perencanaan program CSR (Sistematika program CSR); monitoring program CSR (Sistematika program CSR); evaluasi program CSR (Sistematika program CSR); komunikasi penyampaian program CSR (Penyampaian program CSR); dan faktor pemberian motivasi pada program CSR. Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Persepsi, Masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16197

Actions (login required)

View Item View Item