SINTESIS ADSORBEN DAUN PANDAN LAUT (Pandanus tectorius) DAN UJI SIFAT ADSORPTIFNYA TERHADAP ION LOGAM Pb DAN Cr DALAM PELUMAS BEKAS

Setiyowati, Lintang (2014) SINTESIS ADSORBEN DAUN PANDAN LAUT (Pandanus tectorius) DAN UJI SIFAT ADSORPTIFNYA TERHADAP ION LOGAM Pb DAN Cr DALAM PELUMAS BEKAS. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
SINTESIS ADSORBEN DAUN PANDAN LAUT.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik adsorben yang dihasilkan dari daun pandan laut (Pandanus tectorius) dan mengetahui massa adsorben dan waktu kontak optimum terhadap efisiensi penjerapan ion logam Pb dan Cr pada pelumas bekas. Subjek penelitian adsorben daun pandan laut (Pandanus tectorius) penambahan dengan aktivator HNO3 5 % [V/V] dan objeknya adalah pengaruh penambahan massa adsorben dan waktu kontak dalam mengadsorpsi logam Pb dan Cr pada pelumas bekas. Adsorben yang telah diaktivasi dikarakterisasi dengan dilakukan beberapa uji meliputi uji kadar air, kadar abu, kadar volatile dan kadar karbon menurut SNI 06-3730-1995, serta menggunakan Porosimeter dan Spektrometer Inframerah. Pelumas bekas yang mengandung ion logam Pb dan Cr sebelum dan sesudah diadsorpsi dianalisis menggunakan Spektrometer Serapan Atom. Proses adsorpsi ion logam Pb dan Cr dilakukan dengan variasi massa sebesar 0,5; 1; 1,5; dan 2 gram dan waktu kontak adsorben dengan adsorbat sebesar 1, 2, 3,dan 4 jam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:karbon aktif memenuhi standar kualitas karbon aktif SNI 06-3730-1995. Hasil spektrometer IR tidak mengubah struktur karbonaktif. Luas permukaan karbon yang telah diaktivasi termasuk kedalam struktur mikropori. Massa adsorben dan waktu kontak optimum terhadap efisiensi penjerapan ion logam Pb dan ion logam Cr pada massa 1 gram penambahan adsorben dan waktu kontak selama 4 jam. Kata kunci:adsorpsi, daun pandan laut, pelumas bekas, timbal(Pb), kromium(Cr)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 07:38
Last Modified: 29 Jan 2019 20:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16194

Actions (login required)

View Item View Item