PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR MELALUI METODE GYROSCOPE PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 CAWAS

Rifal Ernandi Nugroho, Rifal (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR MELALUI METODE GYROSCOPE PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 CAWAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI. RIFAL ERNANDI NUGROHO. 08104244015. BK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Cawas melalui metode gyroscope. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XII SMA Negeri 1 Cawas yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus secara kolaborasi antara peneliti dan guru BK. Pelaksanaan pelatihan karir dengan metode gyroscope dilakukan dalam 2 siklus dimana pada siklus I meliputi 3 tindakan dalam 3 pertemuan dan siklus II meliputi 2 tindakan dalam 2 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala pengambilan keputusan karir, observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala pengambilan keputusan karir, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Uji validitas diperoleh 31 item sahih, dan 19 item gugur. Koefisien alpha yang diperoleh dari hasil pengujian reliabilitas sebesar 0,7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pengambilan keputusan karir dapat ditingkatkan melalui metode gyroscope. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: (1) orientasi materi pengambilan keputusan karir dan mengisi lembar tugas gyroscope karir, (2) diskusi kelompok dan membuat poster atau cerita bergambar dari hasil diskusi kelompok, (3) presentasi hasil diskusi kelompok. Presentasi pada siklus I dilaksanakan dengan berkelompok, sedangkan pada siklus II presentasi dilaksanakan secara individu dan dengan formasi peserta presentasi secara melingkar. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa nampak telah memahami dan nampu membuat keputusan karir, sedangkan dari hasil wawancara dapat mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam pemilihan karir agar mampu mengambil keputusan karir dengan baik dan efektif. Peningkatan kemampuan pengambilan keputusan karir dibuktikan dengan perolehan rerata hasil pre-test sebesar 65,2%, rerata siklus I sebesar 74,7%, dan rerata siklus II sebesar 81,1% yang berada pada kategori tinggi. Kata kunci: kemampuan pengambilan keputusan karir, gyroscope

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16190

Actions (login required)

View Item View Item