ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL TERHADAP LINGKUNGAN DAN MASYARAKAT UNTUK MENGUKUR KINERJA SOSIAL PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL, Tbk.

Dianingtyas Lucia, Lucia (2013) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL TERHADAP LINGKUNGAN DAN MASYARAKAT UNTUK MENGUKUR KINERJA SOSIAL PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL, Tbk. D3 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lucia Dianingtyas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial pada PT. Astra International,Tbk (2) Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial terhadap lingkungan dan Masyarakat pada PT. Astra International, Tbk (3) Cara mengukur kinerja sosial pada PT. Astra International, Tbk. Metode pengumpulan data untuk penelitian ini adalah: (1) Data pengungkapan Sustainability Reporting yang digunakan adalah tahun 2011 dan 2012, (2) Indikator pengungkapan menggunakan ISO 26000 Global Reporting Initiative, (3) Teknik pengumpulan datanya menggunakan rekaman arsip, dan observasi langsung. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan deskripsi kasus yang dalam prosesnya mengembangkan suatu kerangka kerja deskriptif untuk mengorganisasikan studi kasus bukti-bukti yang telah diperoleh oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) PT. Astra International telah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban sosial, dalam hal ini perusahaan telah melaksanakan berbagai macam kegiatan sosial terhadap lingkungan dan masyarakat agar dapat membantu mengentaskan segala problematika yang ada pada masyarakat Indonesia saat ini. (2) PT. Astra International telah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban sosial terhadap lingkungan dan masyarakat untuk menunjang hubungan yang harmonis dengan lingkungan dan masyarakat sekitar instansi Astra. Hal ini ditunjukan dengan adanya berbagai macam yayasan dan lembaga-lembaga yang didirikan untuk melestarikan lingkungan dan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. (3) Cara mengukur kinerja sosial pada PT. Astra International adalah dengan mencocokannya dengan Global Reporting Initiative, setelah selesai maka perlu dibuktikan dengan data-data yang mendukung pernyataan indikator tersebut, dan dihasilkan presentase 41,071% disini perusahaan menurut program penilaian tingkat perusahaan (PROPER) termasuk dalam kelompok merah.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16172

Actions (login required)

View Item View Item