PENGARUH LATIHAN BEBAN TERHADAP HASIL SERVIS ATAS PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRA SMP NEGERI 1 MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA

Norma Dwi Kurniasih, Dwi Kurniasih (2013) PENGARUH LATIHAN BEBAN TERHADAP HASIL SERVIS ATAS PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRA SMP NEGERI 1 MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NORMA DWI KURNIASIH-09601244140.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Peserta ekstrakurikuler di SMP N 1 Mandiraja pada umumnya belum menguasai teknik servis atas secara benar dan baik, mereka merasa belum memiliki kekuatan lengan yang memadai, sehingga mengalami kesulitan untuk melakukan servis atas, maka untuk meningkatkan kemampuan servis atas dibutuhkan metode latihan yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan beban terhadap hasil servis atas pada peserta ekstrakulikuler bolavoli putra SMP Negeri 1 Mandiraja Banjarnegara.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan metode survey dengan instrumen tes servis atas dengan nilai validitas 0,676 dan reliabilitas 0,812. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta ekstrakulikuler bolavoli putra SMP Negeri 1 Mandiraja Banjarnegara yang berjumlah 20 anak. Teknik analisis data menggunakan korelasi uji t paired sample t test pada taraf signifikasi 0,05 atau 5 %. Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung (6,309) > t tabel (2,093), demgam hasil hasil persentase 31,98 % hasil tersebut diartikan Ha: diterima dan Ho: di tolak, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh latihan beban terhadap hasil servis atas pada peserta ekstrakurikuler bolavoli putra SMP Negeri 1 Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Pengaruh latihan beban terhadap hasil servis atas pada peserta ekstrakurikuler bolavoli putra SMP Negeri 1 Mandiraja Kabupaten Banjarnegara sebesar 31,98%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 13 Apr 2015 06:31
Last Modified: 29 Jan 2019 20:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16143

Actions (login required)

View Item View Item