PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS (STUDI DI WILAYAH KPP PRATAMA YOGYAKARTA)

Safri Ratriana Dyah, Dyah (2013) PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS (STUDI DI WILAYAH KPP PRATAMA YOGYAKARTA). D3 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TA OKE.pdf

Download (916kB) | Preview

Abstract

Jumlah wajib pajak dari tahun ke tahun semakin bertambah. Namun bertambahnya jumlah wajib pajak tersebut tidak diimbangi dengan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak. Masalah kepatuhan tersebut menjadi kendala dalam pemaksimalan penerimaan pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas di KPP Pratama Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah para wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjan bebas yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan data dari KPP Pratama Yogyakarta yang beralamat di Jalan Panembahan Senopati. Tidak semua jumlah wajib pajak tersebut menjadi objek dalam penelitian ini guna efisiensi waktu dan biaya. Oleh sebab itu dilakukan pengambilan sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode survei. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa kesadaran wajib pajak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan , r tabel = 0.444 dan r hitung = 0.6707 maka nilai r (hitung) > ( r tabel), r2 hitung = 0.4498 dan r tabel = 0.444, maka nilai r2 hitung > r table, t hitung 8.826 dan t tabel sebesar 1.734 maka t hitung > t tabel.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16125

Actions (login required)

View Item View Item