PENGEMBANGAN INVENTORI KESIAPAN KERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN JURUSAN AKUNTANSI

Nurul Rintakawati, Nurul (2015) PENGEMBANGAN INVENTORI KESIAPAN KERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN JURUSAN AKUNTANSI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nurul Rintakawati (07104244062).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inventori kesiapan kerja siswa SMK jurusan Akuntansi yang memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas yang digunakan untuk mengukur dan mengungkap kecenderungan kesiapan kerja siswa SMK jurusan Akuntansi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan inventori kesiapan kerja siswa SMK jurusan Akuntansi menggunakan langkah-langkah dasar pengembangan dan penyusunan skala psikologis dari Saiffudin Azwar terdiri dari 10 langkah yaitu: identifikasi tujuan ukur, operasionalisasi konsep, penskalaan dan pemilihan format stimulus, penulisan item, uji coba, analisis item, kompilasi I seleksi item, pengujian reliabilitas, validitas, kompilasi II format final. Subjek yang digunakan adalah ahli materi dan psikometri (expert judgement) dan uji kelompok kecil pada 30 siswa jurusan Akuntansi kelas tiga SMK YPKK 3 Sleman, uji kelompok besar pada 106 siswa jurusan Akuntansi kelas tiga SMK N 1 Depok dengan pengambilan subjek secara populasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah inventori kesiapan kerja siswa SMK jurusan Akuntansi yang telah disusun peneliti serta instrument penilaian inventori untuk ahli. Teknik analisis data yang digunakan untuk validitas isi menggunakan penilaian profesional (expert judgement), untuk menghitung validitas item digunakan teknik korelasi item-total Pearson, dan untuk menghitung koefisien reliabilitas menggunakan teknik analisis Alfa Cronbach. Sedangkan data kualitatif hasil penilaian ahli berupa saran, kritik, dan tanggapan yang dideskripsikan. Hasil review item oleh ahli terdapat beberapa perbaikan sebagai hasil masukan sehingga inventori kesiapan kerja siswa SMK jurusan Akuntansi dinyatakan telah memenuhi validitas isi dan konstruk. Uji coba kelompok kecil pada 30 siswa kelas tiga SMK YPKK 3 Sleman menunjukkan hasil uji statistik dari 62 item terdapat 10 item yang dinyatakan gugur karena memiliki korelasi item-total <0,30 dengan koefisien reliabilitas 0,884, ada 5 item yang direvisi untuk di masukkan kembali dalam inventori kesiapan kerja siswa SMK jurusan Akuntansi. Uji kelompok besar dilakukan pada 106 siswa SMK N 1 Depok menunjukkan dari 57 item terdapat 3 item yang dinyatakan gugur karena memiliki korelasi item-total <0,30 dengan koefisien reliabilitas 0,899. Kata kunci: inventori, kesiapan kerja, Sekolah Menengah Kejuruan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16119

Actions (login required)

View Item View Item