PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TENTANG KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MLATI

Firla Dyah Lutvitasari, Firla (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TENTANG KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MLATI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Firla Dyah Lutvitasari - 06104241034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Berangkat dari adanya permasalahan kecerdasan interpersonal di SMP Negeri 1 Mlati karena rendahnya pemahaman dan kesadaran siswa akan pentingnya kecerdasan interpersonal dalam interaksi sosial serta keterbatasan kemampuan guru dari segi waktu dan rasio yang tidak sebanding antara jumlah guru dan siswa dalam memberikan layanan bimbingan pribadi sosial, sehingga dibutuhkan sebuah media yang didukung audio visual yang dapat memperinci penyampaian bentuk keterampilan interpersonal yang diperlukan oleh siswa dan dapat digunakan siswa kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif dalam layanan bimbingan pribadi sosial tentang kecerdasan interpersonal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang meliputi 11 tahap pengembangan, yakni tahap penelitian awal dan pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, tahap validasi materi, tahap validasi media, tiga tahap uji coba, dan empat tahap revisi. Uji coba lapangan awal (6 orang siswa), uji coba lapangan (30 orang siswa), dan uji pelaksanaan lapangan (40 orang siswa). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mlati. Penentuan subyek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan angket. Hasil penilaian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait pentingnya kecerdasan interpersonal dalam layanan bimbingan pribadi sosial dan berdasarkan hasil validasi ahli yang dilanjutkan pada tiga tahap uji coba dengan beberapa tahap revisi yang telah dilakukan, multimedia interaktif tentang kecerdasan interpersonal hasil pengembangan ini memenuhi kriteria layak sebagai media layanan bimbingan pribadi sosial di SMP Negeri 1 Mlati sesuai standar penilaian yang meliputi aspek validitas, praktis serta efektivitas berdasarkan dari hasil penilaian ahli media, ahli materi, siswa dan guru BK di SMP Negeri 1 Mlati. Kata kunci: multimedia interaktif, kecerdasan interpersonal, pribadi sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16116

Actions (login required)

View Item View Item