PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN SYNDICATE GROUP TERHADAP MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011

Hidayahtun, Ika Nur (2011) PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN SYNDICATE GROUP TERHADAP MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak.doc

Download (35kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara : (1) motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dan Syndicate Group, (2) motivasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group, (3) aktivitas belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group, (4) prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group, jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini, yaitu siswa kelas X semester 2 SMA N 3 Bantul tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 127 siswa, dan terbagi dalam 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 62 siswa yang terbagi dalam 2 kelas, yaitu kelas Jigsaw dan kelas Syndicate Group. Pengujian hipotesis menggunakan uji t sama subjek, beda subjek, uji Anakova, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan harga p = 0,021 (p<0,050) dan Syndicate Group dengan harga p = 0,005 (p<0,050), (2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group dengan harga p = 0,641 (p>0,050), (3) ada perbedaan antara aktivitas belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group, (4) ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group, jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik dengan harga p = 0,000 (p<0,050).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 04:35
Last Modified: 29 Jan 2019 20:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16109

Actions (login required)

View Item View Item