PENGEMBANGAN BUKU AJAR TARI PERSEMBAHAN SEDULANG SETUDUNG BERBASIS AKTIVITAS SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN MERANGKAI GERAK TARI DAERAH SETEMPAT UNTUK SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 1 DI KABUPATEN BANYUASIN

Tutik Agustina, Farinza (2015) PENGEMBANGAN BUKU AJAR TARI PERSEMBAHAN SEDULANG SETUDUNG BERBASIS AKTIVITAS SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN MERANGKAI GERAK TARI DAERAH SETEMPAT UNTUK SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 1 DI KABUPATEN BANYUASIN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_TUTIK AGUSTINA FARINZA_10209241007.pdf

Download (86MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk Buku Ajar Tari Persembahan Sedulang Setudung Berbasis Aktivitas sebagai Materi Pembelajaran Merangkai Gerak Tari Daerah Setempat untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester 1 di Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development. Delapan tahapan yang dilalui, yaitu: (1) Potensi dan Identifikasi masalah pembelajaran, (2) Analisis Kurikulum, (3) Menyusun draf buku ajar, (4) Revisi draft buku ajar berdasarkan berdasarkan validasi ahli, (5) Uji coba lapangan, (6) Analisis hasil dari uji coba, (7) Revisi produk, (8) Produk jadi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang ahli bahasa, dan 66 orang siswa pada uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar evaluasi materi untuk ahli materi, lembar evaluasi media untuk ahli media, lembar evaluasi bahasa untuk ahli bahasa dan lembar uji coba untuk siswa. Kriteria Penilaian baik buruknya buku ajar ini, menggunakan nilai satu, dua, tiga, dan empat, jika pada masing-masing butir soal terdapat nilai ≤ 3 maka akan dilakukan revisi produk sesuai dengan keterangan yang diberikan. Apabila nilai rata-rata ≥ 3 maka produk dinyatakan layak untuk dipergunakan. Hasil penelitian ini adalah Buku Ajar Tari Persembahan Sedulang Setudung Berbasis Aktivitas sebagai Materi Pembelajaran Merangkai Gerak Tari Daerah Setempat untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester 1 di Kabupaten Banyuasin. Dalam pembuatannya digunakan beberapa software, yaitu: Mikrosoft Word, Corel Draw X4, PDF, Power Point 2010. Hasil evaluasi ahli materi nilai rata-rata 4, hasil evaluasi ahli media memperoleh nilai rata-rata 3,15, hasil evaluasi ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata 4, hasil evaluasi uji coba lapangan di SMPN 1 Talpa memperoleh nilai rata-rata 3,73, dan hasil uji coba lapangan di SMPN 1 BA III memperoleh nilai rata-rata 3,65. Karena semua nilai rata-rata tersebut memiliki nilai ≥ 3, maka Buku Ajar Tari Persembahan Sedulang Setudung Berbasis Aktivitas sebagai Materi Pembelajaran Merangkai Gerak Tari Daerah Setempat untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester 1 di Kabupaten Banyuasin dapat dinyatakan baik dan layak untuk dipergunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pendidikan Seni Tari
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar, Tari Persembahan, Sedulang Setudung, Research & Development, Aktivitas, Merangkai Gerak, Tari Daerah
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 13 Apr 2015 05:05
Last Modified: 29 Jan 2019 20:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16107

Actions (login required)

View Item View Item