TINGKAT EFEKTIVITAS METODE PELATIHAN PENDEKATAN BERMAIN DENGAN PEMAKAIAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN DRILL TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH BOLAVOLI SISWA PUTRA SMA KESATUAN BANGSA YOGYAKARTA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI

Rifqi Ridlo Arrazy, Ridlo (2013) TINGKAT EFEKTIVITAS METODE PELATIHAN PENDEKATAN BERMAIN DENGAN PEMAKAIAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN DRILL TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH BOLAVOLI SISWA PUTRA SMA KESATUAN BANGSA YOGYAKARTA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Siswa-siswa SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli banyak melakukan kegagalan dalam melakukan servis bawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifitas metode pelatihan servis bawah bolavoli yang lebih baik antara metode pelatihan bermain menggunakan media audio visual dan drill. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa putra SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes servis bawah bolavoli dari Laveage. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji T. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan efektifitas antara pelatihan pendekatan bermain menggunakan media audio visual dan driil terhadap hasil latihan servis bawah bolavoli siswa putra SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli. Dari hasil analisis diketahui Th 5,673 > Tt 2,228. Pelatihan pendekatan bermain menggunakan media audio visual lebih efektif daripada pelatihan pendekatan drill terhadap hasil latihan servis bawah bolavoli siswa putra SMA Kesatuan Bangsa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli. Dari hasil analisis diketahui bobot keefetifitan pelatihan pendekatan bermain menggunakan media audio visual sebesar 54,9%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 13 Apr 2015 04:26
Last Modified: 29 Jan 2019 20:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16102

Actions (login required)

View Item View Item