PENGEMBANGAN INVENTORI KEMATANGAN KARIR PESERTA DIDIK JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK N 2 DEPOK

Nur Wijayanto, Nur (2015) PENGEMBANGAN INVENTORI KEMATANGAN KARIR PESERTA DIDIK JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
nur wijayanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inventori kematangan karir peserta didik jurusan teknik komputer jaringan yang memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan inventori kematangan karir peserta didik SMK Jurusan TKJ ini menggunakan langkah-langkah dasar pengembangan dan penyusun skala psikologis Saifuddin Azwar yang terdiri dari 9 langkah : identifikasi tujuan ukur, operasionalisasi konsep, penskalaan dan pemilihan format stimulus, penulisan item, uji coba, analisis item, kompilasi I seleksi item, pengujian validitas dan reliabilitas, kompilasi II format final. Subjek yang digunakan adalah ahli yang berkompeten dalam bidang tersebut (expert judgement) dan peserta didik SMK N 2 Depok, dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah inventori kematangan karir jurusan teknik komputer jaringan yang telah disusun peneliti dan lembar penilaian inventori kematangan karir jurusan komputer jaringan untuk ahli dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk validitas isi menggunakan penilaian profesional (expert judgment), untuk menghitung koefisian reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach. Sedangkan data kualitatif hasil penilaian ahli dan 30 peserta didik berupa saran, kritik, dan tanggapan deskripsi sesuai dengan data yang ada. Hasil pengembangan inventori kematangan karir peserta didik SMK jurusan teknik komputer jaringan telah memenuhi validitas dan reliabitas. Validitas dan reliabilitas tersebut ditunjukkan pada uji coba pertama (kelompok kecil) sebanyak 30 peserta didik dengan hasil 86 item sahih dari 124 item (korelasi item-total >0,20 dengan koefisien 0,95). Pada uji coba kedua (kelompok besar) sebanyak 100 peserta didik dihasilkan 69 item sahih dari 86 item (korelasi item-total > 0,20 dengan koefisien reliabilitas 0,92). Berdasarkan kedua uji coba tersebut terdapat 69 item pernyataan yang telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas untuk dijadikan inventori kematangan karir peserta didik jurusan teknik komputer jaringan. Kata kunci : inventori kematangan karir, jurusan teknik komputer jaringan, peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16094

Actions (login required)

View Item View Item