PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 SEWON TAHUN AJARAN 2010/2011

Nurhasanah, Siti Fajar (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 SEWON TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan antara prestasi belajar kimia peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen, jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik, (2) mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kreativitas belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, (3) mengetahui perbedaan antara kreativitas belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data pengetahuan awal dan data prestasi belajar kimia peserta didik yang dianalisis dengan analisis kovarian (Anakova), dan data kreativitas belajar kimia peserta didik yang dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis kovarian menunjukkan, bahwa F0 = 3,806 dan p = 0,053. Hal ini berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik kelas control dan kelas eksperimen. Analisis uji-t sama subjek untuk kelas eksperimen diperoleh t0 = -0,985 dan p = 0,667, kelas kontrol t0 = -1,135 dan p = 0,264. analisis uji-t beda subjek diperoleh t0 = -0,326 dan p = 0,745. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan antara kreativitas belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran picture and picture, dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kreativitas belajar kimia kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 04:02
Last Modified: 29 Jan 2019 20:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16093

Actions (login required)

View Item View Item