KEEFEKTIFAN THOUGHT STOPPING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA PRODI BK FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Hapsari Christyaningrum, Hapsari (2015) KEEFEKTIFAN THOUGHT STOPPING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA PRODI BK FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik thought stopping untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa prodi BK Fakultas Ilmu Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan eksperimen yang digunakan berupa quasi-eksperimental. Design yang digunakan yaitu one group pretest – posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa prodi BK kelas A dan B Fakultas Ilmu Pendidikan yang berjumlah 85 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan jumlah 6 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen yang dipilih berdasarkan hasil pengisian skala dengan kategori sangat tinggi dan tinggi. Subjek mendapatkan konseling sebanyak 8 sampai 9 kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala kecemasan berbicara di depan umum. Validitas instrumen menggunakan korelasi product moment, dengan hasil 4 butir soal yang gugur dan 38 butir soal valid. Sedangkan koefisien reliabilitas instrumen dicari dengan rumus alpha 0,914. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik inferensial nonparametrik dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik thought stopping efektif untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan umum, dibuktikan dengan nilai yang diperoleh dari uji wilcoxon sebesar (Z= -2.201a) dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.028. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan juga menunjukkan bahwa kecemasan berbicara di depan umum berkurang setelah diberikan layanan konseling dengan teknik thought stopping. Kata kunci : thought stopping, kecemasan berbicara di depan umum.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16090

Actions (login required)

View Item View Item