HUBUNGAN ANTARA TINGGI BADAN, KELINCAHAN, DAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BOLABASKET SISWA SMP NEGERI 2 PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLABASKET

Ari Nugroho, Alfianto Ari Nugroho (2013) HUBUNGAN ANTARA TINGGI BADAN, KELINCAHAN, DAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BOLABASKET SISWA SMP NEGERI 2 PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLABASKET. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I-V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 1.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 2.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 3.pdf

Download (44MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara tinggi badan, kelincahan, dan kekuatan otot lengan terhadap tingkat keterampilan dasar bolabasket siswa peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP N 2 Piyungan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan tiga variabel bebas, yaitu: tinggi badan, kelincahan, kekuatan otot lengan, dan satu variabel terikat, yaitu: tingkat keterampilan dasar bolabasket. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket, yang berjumlah 30 siswa putri. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes dan pengukuran, yaitu tes tinggi badan, tes lari bolak-balik (shuttle run), tes gantung siku tekuk dan Johnson basketball test. Uji prasarat dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan uji hipotesis terdiri dari korelasi product moment dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada siswa peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP N 2 Piyungan: (1) Ada hubungan yang signifikan antara tinggi badan dengan tingkat ketrampilan dasar bolabasket yang dibuktikan dengan nilai probabilitas product moment 0.000 dan nilai korelasi 0.812. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan tingkat ketrampilan dasar bolabasket yang dibuktikan dengan nilai probabilitas korelasi product moment 0.000 dan nilai korelasi 0.759. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan tingkat ketrampilan dasar bolabasket yang dibuktikan dengan nilai probabilitas hitung product moment 0.000 dan nilai korelasi 0.627. (4) Ada hubungan yang signifikan antara tinggi badan, kelincahan dan kekuatan otot lengan dengan tingkat ketrampilan dasar bolabasket yang dibuktikan dengan nilai probabilitas regresi berganda 0.000 dan nilai F sebesar 38.925.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 13 Apr 2015 04:01
Last Modified: 29 Jan 2019 20:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16089

Actions (login required)

View Item View Item