PERBEDAAN PENYESUAIAN DIRI SISWA AKSELERASI DAN NONAKSELERASI SMA N 1 SEDAYU

Intan Norma Gupita Ningrum, Intan (2015) PERBEDAAN PENYESUAIAN DIRI SISWA AKSELERASI DAN NONAKSELERASI SMA N 1 SEDAYU. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
intan norma gupita ningrum 08104244029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyesuaian diri siswa akselerasi dan nonakselerasi di SMA N 1 Sedayu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X dengan jumlah 20 siswa akselerasi 30 siswa nonakselerasi di SMA N 1 Sedayu. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dengan skala, dan instrumen penelitian adalah skala penyesuaian diri. Analisis data menggunakan perbandingan statistik uji-t, dengan hasil uji validitas diperoleh koefisien validitas bergerak dari 0,430 sampai 0,642 dan reliabilitas diperoleh koefisien sebesar 0,908. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penyesuaian diri siswa akselerasi dan nonakselerasi dengan angka F=2,198 dan angka signifikansi sebesar 0,145. Dari hasil penelitian diperoleh nilai Mean sebesar 90,7 untuk siswa Akselerasi dan nilai Mean sebesar 93,7 untuk siswa nonakselerasi, yang berarti bahwa siswa nonakselerasi penyesuaian dirinya lebih tinggi dibandingkan dengan siswa akselerasi. Kata kunci : penyesuaian diri, siswa akselerasi, siswa nonakselerasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16079

Actions (login required)

View Item View Item