IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB STRES AKADEMIK PADA SISWA RSBI KELAS VIII di SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Veronica Kurnia Nesti N, Veronica (2015) IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB STRES AKADEMIK PADA SISWA RSBI KELAS VIII di SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.Veronica Kurnia Nesti Noviari 08104244019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab stres akademik pada siswa RSBI kelas VIII di SMPN 8 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Penelitian ini merupakan penelitian sample, dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa RSBI kelas VIII SMPN 8 Yogyakarta yang berjumlah 308 subyek, dan sample penelitian ini adalah 51 siswa yang menunjukan stres akademik pada kategori tinggi berdasarkan pada hasil skala tingkat stres. Metode pengumpulan data adalah skala stres akademik, wawancara, dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, yang meliputi nilai-nilai empiris dan ideal untuk skor minimum, skor maksimum, rata-rata (mean) dan simpangan baku (SD). NilaI tersebut digunakan untuk menyusun tabel distribusi, histogram, dan kategorisasi skor. Uji validitas dihitung dengan menggunakan rumus product moment dan reliabilitas dalam penelitian ini dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach . Hasil penelitian menunjukan faktor penyebab stres akademik pada siswa RSBI kelas VIII SMPN 8 Yogyakarta adalah kondisi fisik yang meliputi penampilan atau kondisi tubuh pada kategori tinggi (70%). Faktor kedua yaitu faktor kondisi psikologis, pada kategori sedang, yang meliputi kecakapan, perilaku, dan keyakinan. Faktor ketiga adalah keluarga, pada kategori sedang(90%) yang meliputi pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga. Untuk faktor keempat adalah sekolah, berada pada kategori sedang (59%) yang meliputi faktor sistem pendidikan yang diterapkan. Dan faktor kelima adalah masyarakat yang terdiri dari penilaian atau pandangan masyarakat yang berada pada kategori sedang (73%). Kata Kunci: faktor penyebab stres akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 20:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16069

Actions (login required)

View Item View Item