PENGARUH PERSEPSI GURU MENGENAI SERTIFIKASI GURU DAN AKREDITASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN TEMANGGUNG

Sari Bela Rany Fajar, Bela (2014) PENGARUH PERSEPSI GURU MENGENAI SERTIFIKASI GURU DAN AKREDITASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BELA 08404244015.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERSEPSI GURU MENGENAI SERTIFIKASI GURU DAN AKREDITASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN TEMANGGUNG Oleh: Bela Rany Fajar Sari NIM. 08404244015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh antara persepsi guru mengenai Sertifikasi Guru terhadap motivasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Temanggung, (2) Pengaruh antara persepsi guru mengenai Akreditasi Sekolah terhadap motivasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Temanggung, (3) Pengaruh antara persepsi guru mengenai Sertifikasi Guru dan Akreditasi Sekolah terhadap motivasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Temanggung. Penelitian ini bersifat expost facto, berdasarkan tingkat penjelasan kedudukan variabelnya, penelitian ini bersifat asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah 90 orang guru dari SMA N Negeri di Temanggung. Tekhnik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan uji prasyarat analisis dilakukan meliputi uji normalitas, uji linieritas dan multikolinieritas. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji regresi yang terdiri dari uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi guru mengenai sertifikasi guru terhadap motivasi kerja guru. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji t hitung sebesar 4,984 dengan signifikansi 0,000. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi guru mengenai akreditasi sekolah terhadap motivasi kerja guru. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji t hitung sebesar 3,582 dengan signifikansi 0,001. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi guru mengenai sertifikasi guru dan persepsi guru mengenai akreditasi sekolah terhadap motivasi kerja guru. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji F hitung sebesar 40,077 dengan signifikansi 0,000, dengan besar pengaruh sebesar 48% , sedangkan sisanya sebesar 52% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16063

Actions (login required)

View Item View Item