IDENTIFIKASI KOMPONEN MINYAK ATSIRI DALAM EKSTRAK HEKSANA DARI RIMPANG TEMU GIRING (Curcuma heyneana Val. & Zijp) SECARA KROMATOGRAFI GAS-SPEKTROSKOPI MASSA (KG-SM)

Ebenezer, Junri Octo (2011) IDENTIFIKASI KOMPONEN MINYAK ATSIRI DALAM EKSTRAK HEKSANA DARI RIMPANG TEMU GIRING (Curcuma heyneana Val. & Zijp) SECARA KROMATOGRAFI GAS-SPEKTROSKOPI MASSA (KG-SM). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.doc

Download (30kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar minyak atsiri dan mengidentifikasi komponen-komponen penyusunnya yang terkandung dalam ekstrak heksana rimpang temu giring (Curcuma heyneana Val. & Zijp.). Ekstraksi dilakukan dengan dua cara yaitu maserasi dengan pelarut heksana dan destilasi uap. Ekstrak heksana hasil maserasi dan destilasi uap selanjutnya diuapkan dengan evaporator Buchii. Untuk menghilangkan sisa air dari masing-masing ekstrak maka ditambahkan Na2SO4 anhidrat. Minyak atsiri hasil evaporasi selanjutnya dianalisis menggunakan kromatografi gas-spektroskopi massa (KG-SM). Kadar minyak atsiri rimpang temu giring hasil maserasi dan destilasi uap adalah 0,49 % b/b dan 0,15 % b/b. Minyak atsiri rimpang temu giring yang telah dianalisis dengan KG-SM dari metode maserasi terdiri dari 26 komponen senyawa sedangkan dari metode destilasi uap terdiri dari 33 komponen senyawa. Komponen minyak atsiri dari hasil maserasi dan destilasi uap belum dapat ditentukan strukturnya, karena spektra massa analisis tidak ada yang sesuai dengan spektra massa yang terdapat dalam library GC-MS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 03:23
Last Modified: 29 Jan 2019 20:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16061

Actions (login required)

View Item View Item