IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPLB-B

DEKI, - (2010) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPLB-B. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
IDENTIFIKASI_KESULITAN_GURU_DALAM_PEMBELAJARAN.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru dalam pembelajaran matematika di SMPLB-B serta mendeskripsikan usaha-usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan pada saat melakukan pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu subjek penelitian utama dan subjek penelitian pendukung. Subjek penelitian utama adalah guru mata pelajaran matematika di SLB Negeri 4 Yogyakarta dan SLB-B Wiyata Dharma I. Subjek penelitian pendukung adalah siswa kelas VII dan kelas VIII SLB Negeri 4 Yogyakarta serta siswa kelas VII dan kelas VIII SLB-B Wiyata Dharma I yang semuanya berjumlah 13 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika yang dilaksanakan oleh guru. Pada pelaksanaan pembelajaran itu hal yang diamati adalah kesulitan-kesulitan yang dialami oleh guru. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket, wawancara guru, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Kesulitan yang dialami guru antara lain mengajarkan matematika kepada siswa yang tingkat ketunarunguannya berbeda-beda, mengajarkan materi yang bersifat abstrak, mengajar matematika dengan fasilitas yang sangat terbatas, mengajar matematika dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa tunarungu dan mengajar matematika dengan menggunakan bahan ajar umum. Usaha yang telah dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan pada saat mengajar adalah menggunakan bahasa yang sederhana pada saat menjelaskan matematika, mempelajari dan memperdalam materi yang akan diajarkan, menggunakan media pembelajaran yang ada di lingkungan sekitar, memahami satu persatu karakter siswa dan sebelum mengajar guru membuat contoh-contoh nyata untuk menjelaskan konsep matematika serta mengkonstruksi materi agar lebih mudah untuk dijelaskan kepada siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika
Date Deposited: 04 Jul 2012 07:16
Last Modified: 29 Jan 2019 14:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item View Item