EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMK YPKK 3 SLEMAN

ROMADHONI SARIF, ROMADHONI (2014) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMK YPKK 3 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL_09404241049.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMK YPKK 3 SLEMAN OLEH: SARIF ROMADHONI 09404241049 Pembimbing: Sri Sumardiningsih, M.Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Efektivitas penerapan metode brainstorming terhadap peningkatan minat belajar ekonomi, 2) Efektivitas penerapan metode brainstorming terhadap peningkatan prestasi belajar ekonomi, 3) Perbedaan minat belajar ekonomi siswa yang menggunakan metode brainstorming dengan yang menggunakan metode ceramah, 4) Perbedaan prestasi belajar ekonomi siswa yang menggunakan metode brainstorming dengan yang menggunakan metode ceramah. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan model nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK YPKK 3 Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian populasi karena memakai semua subyek penelitian untuk dijadikan sumber data. Kelas XA sebagai kelas kontrol dan kelas XB sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode brainstorming efektif meningkatkan minat belajar ekonomi, 2) Metode brainstorming efektif meningkatkan prestasi belajar ekonomi, 3) Ada perbedaan minat belajar ekonomi siswa kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol, 4) Ada perbedaan prestasi belajar siswa kelas eksperimen dibandingan dengan kelas kontrol. Kata Kunci: metode brainstorming, minat belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16057

Actions (login required)

View Item View Item