PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP MINAT DAN KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA KEPENDIDIKAN DI FAKULTAS EKONOMI UNY

Ibrahim Agung, Agung (2014) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP MINAT DAN KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA KEPENDIDIKAN DI FAKULTAS EKONOMI UNY. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL PDF.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP MINAT DAN KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA KEPENDIDIKAN DI FAKULTAS EKONOMI UNY Oleh: Agung Ibrahim NIM. 10404244002 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh fasilitas belajar terhadap minat menjadi guru. (2) Pengaruh persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru. (3) Pengaruh fasilitas belajar terhadap kesiapan menjadi guru. (4) Pengaruh persepsi profesi guru terhadap kesiapan menjadi guru. Dan (5) pengaruh minat terhadap kesiapan menjadi guru. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, yang tergolong dalam penelitian asosiatif kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kependidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Akuntansi dan Pendidikan Ekonomi) yang berjumlah 1.360 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang fasilitas belajar, persepsi profesi guru, minat menjadi guru dan kesiapan menjadi guru. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh nama-nama jurusan dan data seluruh mahasiswa kependidikan aktif yang ada di Fakultas Ekonomi UNY pada saat penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunakan program AMOS 21.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap minat menjadi guru dengan nilai koefisien jalur standar sebesar 0,206 dan critical ratio 3,695 (p<0,05). (2) Ada pengaruh positif dan signifikan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru dengan nilai koefisien jalur standar sebesar 0,393 dan critical ratio 7,036 (p<0,05). Penelitian ini juga menemukan (3) Ada pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai koefisien jalur standar sebesar 0,132 dan critical ratio 2,187 (p=0,029). Namun demikian (4) persepsi profesi guru tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai koefisien jalur standar sebesar -0,012 dan critical ratio -0,189 (p=0,850). Sementara itu (5) minat menjadi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai koefisien jalur standar sebesar 0,316 dan critical ratio 4,795 (p<0,05). Kata kunci: fasilitas belajar, persepsi profesi guru, minat, kesiapan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16050

Actions (login required)

View Item View Item