PROBLEMATIKA DALAM KONSELING MULTIKULTURAL ANTARA KONSELOR DENGAN KONSELI BERDASAR PERBEDAAN BUDAYA DI SMA N 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

Erviana Anditasari, Erviana (2015) PROBLEMATIKA DALAM KONSELING MULTIKULTURAL ANTARA KONSELOR DENGAN KONSELI BERDASAR PERBEDAAN BUDAYA DI SMA N 1 PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
(SKRIPSI) Problematika dalam konseling multikultural antara konselor dengan konseli berdasar perb.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika dalam konseling multikultural antara konselor dengan konseli berdasar perbedaan budaya di SMA N 1 Prambanan Sleman Yogyakarta berfokus pada aspek pemahaman konseling multikultural, kesadaran budaya, pesan verbal dan non verbal (gestures). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah satu guru BK yang pernah melakukan konseling multikultural. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi langsung. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber, yaitu dengan membandingkan data yang diperoleh dari berbagai sumber yaitu subyek dan key informan serta menggunakan berbagai metode yaitu observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya beragam problematika antara konselor dengan konseli berdasar perbedaan budaya di SMA N 1 Prambanan Sleman Yogyakarta, yaitu 1) Aspek pemahaman konseling multikultural subyek belum memahami tentang teori, teknik-teknik layanan yang relevan digunakan dalam konseling multikultural, karena belum pernah mempelajarinya; 2) Aspek kesadaran budaya berupa penerimaan yang kurang baik dengan wujud prasangka subyek terhadap konseli, seperti konseli Jawa tidak tepat waktu, konseli Jawa tertutup akan permasalahan sendiri; 3) Aspek bahasa verbal subyek belum paham terhadap bahasa verbal konseli yaitu bahasa Jawa kromo karena subyek kesulitan dalam memahami tingkatan-tingkatan pada bahasa Jawa kromo dan aspek bahasa non verbal secara umum subyek mengerti tentang bahasa non verbal, tetapi dalam prakteknya sering kesulitan mengartikan bahasa non verbal konseli seperti makna diam, kontak mata, menganggukan kepala, nada bicara, tertawa terbahak-bahak, menundukkan wajah. Kata kunci : problematika konseling multikultural, perbedaan budaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16048

Actions (login required)

View Item View Item