PENGARUH VARIASI ASAM ANORGANIK TERHADAP KARAKTER SILIKA GEL DARI ABU CANGKANG KELAPA SAWIT PERKEBUNAN PTPN (XIII) PARINDU KALIMANTAN BARAT

Rendra, Kristianus (2011) PENGARUH VARIASI ASAM ANORGANIK TERHADAP KARAKTER SILIKA GEL DARI ABU CANGKANG KELAPA SAWIT PERKEBUNAN PTPN (XIII) PARINDU KALIMANTAN BARAT. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGARUH VARIASI ASAM ANORGANIK TERHADAP.docx

Download (11kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi asam anorganik terhadap karakter silika gel dari abu cangkang kelapa sawit hasil sintesis dengan metode sol-gel. Karakter yang diteliti dalam penelitian ini adalah gugus fungsi, sistem kristal, keasaman dan kadar air. Karakter silika gel hasil sintesis dibandingkan dengan kieselgel-60 dari E-Merck. Proses sintesis silika gel dimulai dengan melarutkan 10 gram abu ke dalam 115 ml larutan NaOH 2M. Campuran dipanaskan pada suhu 100oC. Filtrat kemudian dipisahkan sebagai larutan natrium silikat. Selanjutnya, larutan tersebut dinetralkan dengan asam anorganik (HCl, HNO3, H2SO4, dan H3PO4) 2M sampai pH netral. Hidrogel yang terbentuk selanjutnya dikeringkan pada suhu 100oC untuk mendapatkan serbuk putih xerogel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa larutan natrium silikat membentuk hidrogel lebih cepat dengan asam poliprotonik dibandingkan dengan asam monoproptonik. Rendemen silika gel terbesar dimiliki oleh SG-HNO3, yaitu sebesar 25,19 % dari berat abu. Silika gel hasil sintesis memiliki pola FTIR dan XRD yang mirip dengan kieselgel-60. Sifat keasaman silika gel hasil sintesis yang tertinggi dimiliki oleh SG-HCl, sebesar 3,333 mmol/g. Kadar air bebas dan air terikat fisik tertinggi ditunjukkan oleh SG-H3PO4, yaitu sebesar 18,143 dan 16,713 % dari berat silika gel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 02:53
Last Modified: 29 Jan 2019 20:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16045

Actions (login required)

View Item View Item