EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Yuniastuti, Elisabeth Ita Puri (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)

Abstract

T ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran word square terhadap peningkatan kualitas pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Jogonalan Klaten ditinjau dari aspek peningkatan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Jogonalan Klaten yang berjumlah 278 orang dan dibagi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian sebanyak 68 peserta didik, dibagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen (A1) yang menggunakan model pembelajaran word square dan kelas kontrol (A2) yang tidak menggunakan model pembelajaran word square yang diambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia peserta didik, data motivasi belajar kimia peserta didik dan data prestasi belajar kimia peserta didik. Data motivasi belajar kimia peserta didik dianalisis menggunakan uji-t sama subjek dan uji-t antar kelompok, sedangkan data prestasi belajar kimia peserta didik dianalisis menggunakan analisis kovarian 1-jalur (anakova A) dengan pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Hasil analisis uji-t sama subjek pada kelas eksperimen diperoleh to = 2,928 dan p = 0,006 (p < 0,05), artinya ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran. Uji-t sama subjek pada kelas kontrol diperoleh to = 5,478 dan p = 0,000 (p < 0,05), artinya ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran. Hasil analisis uji-t antar kelompok diperoleh to = 1,190 dan p = 0,237 (p > 0,05), artinya tidak ada perbedaan signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis kovarian diperoleh Fo = 8,259 dan p = 0,006 (p < 0,05), artinya ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik yang menggunakan model pembelajaran word square dengan peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran word square. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran word square efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik namun belum mampu meningkatkan motivasi belajar kimia peserta didik dalam proses pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Jogonalan Klaten kelas X semester 2 tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 02:40
Last Modified: 29 Jan 2019 20:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16037

Actions (login required)

View Item View Item