PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA YANG CACAT FISIK MELALUI KONSELING KELOMPOK DI SMP N 2 MANDIRAJA BANJARNEGARA

Feri Ermaningsih, Feri (2015) PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA YANG CACAT FISIK MELALUI KONSELING KELOMPOK DI SMP N 2 MANDIRAJA BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
07104244025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang cacat fisik melalui konseling kelompok di SMP N 2 Mandiraja Banjarnegara. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) dengan subyek penelitian siswa yang cacat fisik di SMP N 2 Mandiraja Banjarnegara yang berjumlah 5 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara, sedangkan instrumen yang digunakan adalah skala kepercayaan diri. Hasil uji validitas skala kepercayaan diri menyatakan bahwa dari 48 item dinyatakan valid sebanyak 39 item yang mencakup semua indikator kisi- kisi skala kepercayaan diri dan dinyatakan tidak valid sebanyak 9 item sedangkan pada uji reliabilitas instrument koefisien 0,973 memiliki tingkat reliabilitas tinggi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian dimulai dari penyusunan instrumen, uji coba instrumen pelaksanaan tes pra tindakan kepercayaan diri, dilanjutkan dengan metode konseling kelompok. Kegiatan konseling kelompok dilakukan dengan dua siklus. Pada siklus I dilaksanakan satu kali tindakan dan pada siklus II dilaksanakan satu kali tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode konseling kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor tes pra tindakan sebesar 83.4 menjadi 122 pada siklus I dan pada siklus II sebesar 146.2. Angka tersebut signifikan karena rata-rata skor setelah tindakan, yaitu 146.2 ≥ 144 untuk kategori kepercayaan diri tinggi. Dari hasil observasi siswa mampu bersosialisasi, yakin akan kemampuan yang dimiliki, tidak minder, merasa lebih dihargai oleh lingkungan, yakin dalam bertingkah laku, berani tampil didepan kelas dan lebih percaya diri. Kata kunci : peningkatan kepercayaan diri, konseling kelompok, siswa cacat fisik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16021

Actions (login required)

View Item View Item