NILAI-NILAI SOSIAL DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA PENDIDIKAN JASMANI DI KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013

Dwi Rustanto, Septian Dwi Rustanto (2013) NILAI-NILAI SOSIAL DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA PENDIDIKAN JASMANI DI KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
KSRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Septian Dwi Rustanto (07601244161).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa pendidikan nilai belum mendapat proporsi layak dalam setiap pembelajaran di sekolah. Pada umumnya Pendidikan jasmani di sekolah kurang memperhatikan aspek rohani siswa. Siswa- siswa tidak banyak mengambil pelajaran dari permainan sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pendidikan jasmani pada materi permainan sepakbola di SMP N 14 Yogyakarta, 2) nilai-nilai sosial yang diungkap dan disampaikan kepada peserta didik dalam permainan sepakbola tersebut, 3) peran guru dalam memberikan pendidikan nilai melalui olahraga sepakbola. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru olahraga, kepala sekolah, dan para siswa di SMP N 14 Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber yaitu membandingkan hasil wawancara antara sumber data yang satu dengan sumber data yang lain. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: 1) pelaksanaan pendidikan jasmani pada materi sepakbola di SMP Negeri 14 secara teori dilakukan di dalam ruang kelas dengan penekanan pada materi aspek kognitif dan afektif. Sedangkan secara praktek dilakukan di lapangan dengan penekanan pada materi aspek afektif dan psikomotor. Pelaksanaan pendidikan jasmani materi sepakbola baik di dalam kelas maupun di lapangan disertai dengan pendidikan nilai. 2) nilai-nilai yang terkandung dalam permainan sepakbola yang disampaikan atau diajarkan kepada siswa yaitu sportivitas, kerja sama, saling menghargai, komunikasi, fair play, adil, jujur, dan tanggung jawab. 3) peran guru dalam pendidikan nilai yaitu sebagai pemimpin (pemberi contoh), pembimbing, dan pengawas dalam mengaplikasikan nilai-nilai yang disampaikan kepada siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 13 Apr 2015 02:15
Last Modified: 29 Jan 2019 20:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16019

Actions (login required)

View Item View Item