TINGKAT ADVERSITAS SISWA KMS (KARTU MENUJU SEJAHTERA) DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA

Rima Sekarani Imamun Nisaa’, Rima (2015) TINGKAT ADVERSITAS SISWA KMS (KARTU MENUJU SEJAHTERA) DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_RIMA_09104241008_BK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat adversitas siswa KMS (Kartu Menuju Sejahtera) di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek seluruh siswa KMS di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta yang berjumlah 224 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala Adversitas. Uji coba validitas dan reabilitas untuk skala Adversitas dengan expert judgment yang hasilnya disetujui dengan kesimpulan dapat dipercaya (reliabel). Hasil uji coba dianalisis dengan membandingkan nilai corrected item-total correlation yang diperoleh dengan nilai r-kritis, yaitu 0,334 (N = 35 dan taraf signifikansi = 5%) dan melalui teknik alpha cronbach dihasilkan koefisien alpha sebesar 0,858. Analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari seluruh siswa KMS di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013, tidak ada siswa (0%) yang memiliki tingkat adversitas berkategori rendah, 139 siswa (67,1%) memiliki tingkat adversitas berkategori sedang, dan 68 siswa (32,9%) memiliki tingkat adversitas berkategori tinggi. Dengan demikian, sebagian besar tingkat adversitas siswa KMS di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta berada pada kategori sedang. Kata kunci : tingkat adversitas, siswa KMS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16017

Actions (login required)

View Item View Item