EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK BERDASARKAN INTEGRASI DIMENSI MAKROSKOPIK, DIMENSI SIMBOLIK, DAN DIMENSI SUBMIKROSKOPIK PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Fauzi’ah, Lina (2011) EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK BERDASARKAN INTEGRASI DIMENSI MAKROSKOPIK, DIMENSI SIMBOLIK, DAN DIMENSI SUBMIKROSKOPIK PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK BERDASARKAN INTEGRASI DIMENSI MAKROSKOPIK.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep dan motivasi belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Banguntapan tahun ajaran 2010/ 2011 yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik berdasarkan integrasi dimensi makroskopik, dimensi simbolik, dan dimensi submikroskopik dan yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik tanpa integrasi dimensi makroskopik, dimensi simbolik, dan dimensi submikroskopik jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel dan desain penelitian satu faktor dua sampel. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XI Ilmu Pengetahuan Alam SMA Negeri 1 Banguntapan yang berjumlah 112 peserta didik dan terbagi dalam 3 kelas. Sampel pada penelitian sebanyak 57 peserta didik yang diambil secara purposive sampling dan terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen (A1) sebanyak 29 sampel dan kelas kontrol (A2) sebanyak 28 sampel. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia, motivasi belajar kimia awal dan akhir, dan data pemahaman konsep kimia peserta didik. Hipotesis diuji dengan anakova (analisis kovariansi) dan uji-t beda subjek. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep dan motivasi belajar kimia peserta didik kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Banguntapan tahun ajaran 2010/ 2011 yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik berdasarkan integrasi dimensi makroskopik, dimensi simbolik, dan dimensi submikroskopik dan yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik tanpa integrasi dimensi makroskopik, dimensi simbolik, dan dimensi submikroskopik. Penerapan pendekatan konstruktivistik berdasarkan integrasi dimensi dalam kimia tidak efektif pada pemahaman konsep dan motivasi belajar kimia peserta didik SMA Negeri 1 Banguntapan Kelas XI Ilmu Alam tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 02:08
Last Modified: 29 Jan 2019 20:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16014

Actions (login required)

View Item View Item