PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BAHAN-BAHAN KIMIA DI LABORATORIUM KIMIA SMA/MA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI

Nurhidayati, Isna (2011) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BAHAN-BAHAN KIMIA DI LABORATORIUM KIMIA SMA/MA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BAHAN.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Ensiklopedi Bahan-bahan Kimia di Laboratorium Kimia SMA/MA sebagai sumber belajar mandiri peserta didik SMA/MA dan mengetahui kualitas Ensiklopedi Bahan-bahan Kimia SMA/MA di Laboratorium Kimia SMA/MA setelah dilakukan penilaian oleh 5 guru kimia SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yang memiliki empat tahapan dalam pengembangan, yakni tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pembuatan produk, dan tahap penilaian produk. Produk awal Ensiklopedi Bahan-bahan Kimia ditinjau dan diberi masukan oleh 2 orang peer reviewer, 1 orang laboran kimia, 1 ahli media dan 1 ahli materi. Kualitas Ensiklopedi Bahan-bahan Kimia dinilai oleh 5 guru kimia SMA/MA selaku reviewer dengan mengisi angket penilaian yang mencakup 3 komponen penilaian, yaitu 1) komponen isi/materi dengan 7 butir penilaian; 2) komponen penyajian dengan 7 butir penilaian; 3) komponen bahasa dan gambar dengan 6 butir penilaian. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif dengan skala lima, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas Ensiklopedi Bahan-bahan Kimia di Laboratorium Kimia SMA/MA. Produk penelitian ini berupa Ensiklopedi Bahan-bahan Kimia di Laboratorium Kimia SMA/MA. Berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA, Ensiklopedi Bahan-bahan Kimia di Laboratorium Kimia SMA/MA yang disusun memperoleh nilai 4,39 sehingga memiliki kualitas sangat baik (SB) dan memiliki persentase keidealan 87,8%. Ensiklopedi Bahan-bahan Kimia di Laboratorium Kimia SMA/MA layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 02:02
Last Modified: 29 Jan 2019 20:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16010

Actions (login required)

View Item View Item