PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI MARAH MELALUI TEKNIK BIBLIOTERAPI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Septya Muti Fadhila, Septya (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI MARAH MELALUI TEKNIK BIBLIOTERAPI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta melalui teknik biblioterapi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan subyek melalui teknik purposive sampling, yaitu: 1) siswa kelas VIII; 2) hasil diskusi dengan guru Bimbingan dan Konseling dan; 3) memiliki kategori skala kemampuan mengelola emosi rendah. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 7 siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan melalui dua siklus. Jenis tindakan dalam siklus I dan siklus II adalah berupa internalisasi, diskusi dan membaca puisi sebagai self help dalam mengelola emosi marah dan kematangan mengelola emosi marah. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrumen yaitu skala kemampuan mengelola emosi marah, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik biblioterapi dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Peningkatan yang signifikan juga dibuktikan dengan hasil skor skala kemampuan mengelola emosi marah dan persentase rata-rata pre test 93,57 (46,85%), post test I 138 (69%), dan post test II 159,7 (79,85%). Hasil tersebut juga diperkuat dengan hasil wawancara dan observasi terhadap subyek yang menunjukan bahwa subyek mampu mengekspresikan emosi marah dengan cara yang tepat, menata perilaku, ucapan dan menjaga perasaan orang lain sehingga dapat diterima dengan baik di lingkungan. Kata Kunci: Kemampuan mengelola emosi marah, teknik biblioterapi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16007

Actions (login required)

View Item View Item