PERBEDAAN KEBERHASILAN MENEMBAK DENGAN TEKNIK UNDER THE BASKET SHOOT MELALUI PAPAN PANTUL DAN UNDER THE BASKET SHOOT LANGSUNG KE RING BASKET SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN

Sugiyanti, Sugiyanti (2013) PERBEDAAN KEBERHASILAN MENEMBAK DENGAN TEKNIK UNDER THE BASKET SHOOT MELALUI PAPAN PANTUL DAN UNDER THE BASKET SHOOT LANGSUNG KE RING BASKET SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Sugiyanti_09601244152.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena belum diketahuinya perbedaan keberhasilan menembak dengan teknik under the basket shoot melalui papan pantul dan under the basket shoot langsung ke ring basket dan belum dilakukan penelitian dan analisis lebih lanjut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan menembak dengan hasil yang lebih baik antara teknik under the basket shoot melalui papan pantul dengan under the basket shoot langsung ke ring basket. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif menggunakan metode survey dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi penelitian ini adalah siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket di SMP N 5 Banguntapan sebanyak 23 siswa. Pengambilan data menggunakan tes kemampuan memasukkan bola dari bawah ring (field goal speed test) yang merupakan modifikasi dari Johnson Basketball Batery (Agus Amin,2003:56). Tes under the basket shoot melalui papan pantul memiliki validitas 0,822 dan reliabilitas 0,901, sedangkan tes under the basket shoot langsung ke ring basket memiliki validitas 0,704 dan reliabilitas 0,819. Teknik analisis data menggunakan analisis uji beda rerata (uji beda mean). Hasil penelitian menunjukkan perbedaan nilai mean (rerata) diperolah under the basket shoot melalui papan pantul (10,39) lebih tinggi daripada under the basket shoot langsung ke ring (8,17). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan under the basket shoot melalui papan pantul lebih baik daripada kemampuan under the basket shoot langsung ke ring basket.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 13 Apr 2015 01:58
Last Modified: 29 Jan 2019 20:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16005

Actions (login required)

View Item View Item