PENINGKATAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN KERJASAMA PADA SISWA KELAS IX A SMP N 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013

FX. Hendy Dwi Septianto, Hendy (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN KERJASAMA PADA SISWA KELAS IX A SMP N 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa kelas IX A SMP N 1 Sleman melalui permainan kerjasama. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IX A SMP N 1 Sleman yang berjumlah 26 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus pertama terdiri atas 4 tindakan, sedangkan pada siklus kedua terdiri atas 2 tindakan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala keterampilan interpersonal, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Penelitian dimulai dari penyusunan instrumen, ujicoba instrumen, pelaksanaan pretest keterampilan interpersonal, dilanjutkan dengan permainan kerjasama. Permainan kerjasama yang dilakukan melalui pemberian permainan dan dilanjutkan dengan debriefing atau diskusi kelompok untuk belajar berinisiatif, bersikap terbuka, bersikap asertif, berempati terhadap teman lain dan menyelesaikan konflik yang terjadi dapat meningkatkan keterampilan interpersonal siswa. Hasil penelitian menunjukkan permainan-permainan kerjasama yang dilanjutkan debriefing dapat meningkatkan keterampilan interpersonal siswa kelas IX A SMP N 1 Muntilan. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan rata-rata pre test sebesar 151,3 menjadi 196,8 pada post test siklus pertama dan 215,3 pada post test siklus kedua. Kata kunci : permainan kerjasama, keterampilan interpersonal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16003

Actions (login required)

View Item View Item