HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN DANUREJAN YOGYAKARTA

Ratri, Nugrahani (2013) HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN DANUREJAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RATRI NUGRAHANI 09108241037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan self-efficacy dengan kemandirian belajar. (2) Mengetahui hubungan motivasi belajar dengankemandirian belajar. (3) Mengetahui hubungan self-efficacy dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan sifatnya adalah penelitian korelasi. Anggota populasi penelitian beranggotakan 244 siswa. Sampel penelitian diambil berdasar rumus Taro Yamane yaitu 152 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Pada penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu self-efficacy dan motivasi belajar, serta satu variabel terikat yaitu kemandirian belajar. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan kemandirian belajar siswa. Dibuktikan dengan harga r hitung 0,386 lebih besar daripada r tabel 0,158. Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi self-efficacy seseorang, semakin tinggi pula kemandirian belajarnya. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa. Dibuktikan dengan harga r hitung 0,678 lebih besar daripada r tabel 0,158. Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar seseorang, semakin tinggi pula kemandirian belajarnya. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan kemandirian belajar siswa. Dibuktikan dengan harga R= 0,651dan p=0,000 lebih kecil daripada 0,05. Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi self-efficacy dan motivasi belajar seseorang, semakin tinggi pula kemandirian belajarnya. Kata kunci: self-efficacy, motivasi belajar, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16002

Actions (login required)

View Item View Item